Bedugul dan Uang Lima Puluh Ribu Rupiah

Pura Ulun Danu Beratan, di Bedugul, merupakan salah satu ikon Pulau Dewata Bali. Sampai-sampai tempat ini, dijadikan sebuah gambar sal...


Pura Ulun Danu Beratan, di Bedugul, merupakan salah satu ikon Pulau Dewata Bali. Sampai-sampai tempat ini, dijadikan sebuah gambar salah satu mata uang di Indonesia.

Berkunjung ke Bali, tidak harus menikmati keindahan pantainya saja, terdapat beberapa kawasan di atas pegunungan yang menyimpan panorama istimewa. Salah satu wisata di wilayah utara Bali yakni Bedugul, banyak orang yang tidak tahu nama tempat wisata itu yang mereka ketahui hanyalah nama desanya saja.

Di Bedugul, terdapat dua danau eksotis yang wajib Anda kunjungi. Tempat yang berbatasan dengan daerah Denpasar dan Singaraja itu, akan membuat Anda takjub, pasalnya ada sebuah pura di tengah danau bernama Ulun Danu Beratan.

Bulan yang tepat berkunjung ke Bedugul adalah pada saat musim hujan dan di pagi hari. Pasalnya, di musim hujan air danau Pura Ulun Danu Beratan akan naik dan seperti mengambang di atas permukaan air, sama seperti di gambar uang seribuan. 

Berkunjung ke Bedugul disarankan pagi hari, karena siangnya akan turun hujan dan merusak gambar Anda. Pagi, saat yang tepat memotret keindahan alam Bedugul, kabut tebal dan pendaran sinar mentari pagi yang menyorot ke pura, membuat hasil jepretan Anda begitu dramatik.

Menariknya di Bedugul

Saya sangat takjub melihat Bedugul, bukan karena pemandangannya yang luar biasa indah. Tetapi, tenggang rasa antar umat beragama begitu kuat, saya menyaksikan sendiri bagaimana Umat Hindu berdampingan dengan Umat Islam dengan baik.

Menariknya lagi, selama di Bedugul, saya melihat dua tempat ibadah berdekatan tanpa adanya perselisihan lahan. Menoleh ke samping jalan terdapat Masjid Agung Al-Hikmah di mana di atas perbukitan di dekatnya terdapat makam salah seorang waliyullah, Habib Umar.

Sedangkan di bawahnya berdekatan dengan danau, Pura Ulun Danu Bratan, terhampar indah seluas 1200 meter persegi. Lantas, saya berpikir, mungkin ini maksud pemerintah menyematkan Pura Ulun Danu Bratan sebagai salah satu gambar untuk uang pecahan seribu. Di mana di tempat ini toleransi antar umat beragama begitu kuat.

Sepanjang mata memandang, tidak hanya wisatawan manca negara saya yang menyesaki kompleks pura yang dibangun sejak 1633 itu. Tetapi, wisatawan domestik dari berbagai etnis dan agama tumpah ruah di menyaksikan pura di tengah danau itu.


Saya merasa bangga dan bahagia bisa menyaksikan keindahan pemandangan alam di Bedugul. Sa








0 komentar: